Ads 468x60px

Friday, May 2, 2014

Ciri Khas Burung Cucak Rawa

Setiap Burung memiliki karakter atau ciri khas tersendiri tak terkecuali adalah burung Cucak Rawa, yang tak lain adalah burung idaman hampir semua kicau mania, atau burung yang bikin penasaran banyak orang dan ingin tahu aslinya karena nama burung ini begitu populer hampir disemua kalangan masyarakat, bahkan sampai dibuatkan lagu untuk terus mengenangnya. Dengan memahami Ciri Khas Cucak Rawa tentunya saya berharap rekan rekan KM Kissawa bisa memelihara burung ini dengan baik sehingga kelak bisa melakukan penangkaran agar burung ini tidak hanya tinggal kenangan yang dikenang dalam sebuah lagu.


di Surabaya saya jarang mendengar ada lomba burung Cucak Rawa atau Latber yang membuka kelas Cucak Rawa, meskipun pecintanya banyak ternyata pemiliknya sedikit dan enggan membawa keluar rumah karena berbagai sebab. Padahal ciri khas cucak rawa, bila sering di ajak bepergian mental burung ini semakin kuat sehingga bila dibawa kemana pun mau berkicau karena telah terbiasa dan terlatih.

Lebih dan kurang, inilah Ciri Khas / Karakter Burung Cucak Rawa
  • Semi fighter. Burung Cucak Rowo bukanlah burung petarung murni, daya tarung yang ada pada burung ini cenderung akibat tingkat birahi pada level tertentu yang akan membuat burung ini menjaga daerah teritorialnya.
  • Sulit beradaptasi. Burung Cucak Rowo tidak mudah beradaptasi terhadap lingkungan yang baru. Disamping itu, burung ini mudah kaget apabila di sekitarnya ada sesuatu yang mengganggu ketenangannya.
  • Memiliki tingkat stress yang tinggi. Dalam kondisi tertentu, burung ini mudah panik dan stress apabila merasa terancam.
  • Mudah jinak. Dalam waktu tertentu dan perlakuan serta perawatan yang baik, burung ini mudah menjadi jinak kepada pemiliknya.
Itulah karakter dasar burung cucak rawa yang banyak disukai pecinta burung, dengan memahami karakter ini tentu saja saya berharap bisa membantu rekan rekan dalam Merawat Burung Cucak Rawa dan mengendalikan burung ini agar mau di ternak.



0 comments:

Post a Comment