Ads 468x60px

Thursday, April 17, 2014

Solusi Agar Burung Ciblek atau Prenjak Tidak Macet

Pernah suatu ketika saya memelihara seekor burung prenjak putih atau disebut juga dengan ciblek, pada waktu itu saya beli 100rb dari seorang teman, burung sudah rajin bunyi, berani tarung dan sudah makan voer. Suatu ketika saya tiba-tiba malas membeli kroto dan ulat kandang akhirnya burung pun menjadi malas bunyi dan lama-lama macet. Seminggu saya biarkan tetap makan voer dan diberi UH 1 ekor per hari, tapi burung tetap aja macet. Lalu apa solusi agar burung tidak macet?



Seorang sahabat di Kissawa menuturkan, tukarkan saja dengan burung dengan burung yang sudah lot dan sedang rajin gacor, pasti masalah beres, itu yang pertama.

Kedua, saya berupaya mengembalikan stamina burung ciblek tersebut dengan memberikan makanan kesukaannya seperti UK (ulat kandang) setiap hari dan diberi kroto setiap hari selama 1 minggu, dan burung sudah mulai mau berkicau tapi masih jarang-jarang.

Datanglah saran dari langit yang mengisyaratkan agar burung di cas dengan burung betina.

Kemudian saya membawa burung tersebut ke pasar dan dipertemukan dengan banyak burung prenjak yang salah satunya berkelamin betina, burung pun tarung dan mulai berkicau, sesampainya dirumah burung terus mencari-cari teman dan berkoar-koar.

Akhirnya saya menyimpulkan bila, burung macet maka tingkatkanlah staminanya dengan memberi EF yang cukup, kemudian cas dengan burung betina. 

Agar burung tidak mengalami macet bunyi, maka caranya mudah burung harus selalu diberi EF berupa UK setiap hari dan kroto seminggu dua kali, karena itu adalan Pakan Burung Prenjak agar rajin berkicau. menjaga kebersihan, memandikan dan menjemur adalah usaha pencegahan agar burung tetap mau berkicau, sesekali burung juga dipertemukan dengan burung sejenis agar burung memiliki semangat tempur.

Demikian dari saya, admin Kissawa... semoga bermanfaat...

0 comments:

Post a Comment