Ads 468x60px

Sunday, April 20, 2014

Membedakan Jalak Putih Jantan dan Betina

Untuk membedakan burung jalak putih jantan dan betina memang membutuhkan kecermatan, pengetahuan dan pengalaman. Pengalaman dan pengetahuan saja tidak cukup bila tidak cermat, untuk itu tiga hal tersebut harus dapat dikombinasikan dengan baik. Tujuan mengetahui kelamin burung jalak putih ini adalah agar lebih mudah dalam perawatan sehingga disaat yang tepat kita bisa melakukan penangkaran atau berternak burung Jalak Putih yang sudah hampir punah.



Yaaa... tujuannya adalah penangkaran/ternak jalak putih.

Cara Membedakan Burung Jalak Putih Jantan maupun Betina dapat ditentukan dari usia dini atau sewaktu masih anakan, namun akan lebih mudah ketika burung telah d'wasa atau di usia siapan/mapan. inilah cara membedakannya :

Membedakan jenis kelamin Jalak Putih Anakan, umur kurang lebih 2-3 bulan kalau di lihat dari fisiknya.
jantan biasa body lebih besar, kepala lebih besar, postur lebih panjang dan tegak. Betina kebalikannya, selain itu..
suara kalau dipegang jantan bunyi “kek” betina “kik”, daerah sekitar mata lebih kuning (itu kalo sering di jemur / kena sinar matahari), waktu d loloh mulutnya lebih lebar dan kuning.

Sedangkan Cara Membedakan jenis kelamin Jalak Putih Siapan / D'wasa
umur sekitar 1 - 1,5 tahun sudah bisa dikatakan Siapan atau D'wasa, udah ganti bulu dari bulu anakan yang awalnya putih ke abu-abuan ke putih susu bersih. Burung Jantan daerah sekitar dubur berwarna biru ke unguan, sedangkan yang betina berwarna putih kemerahan, itu akan terlihat jelas kalo burung udah siap kawin, kalo belum terlihat umur burung belum terlalu dewasa dan belum cukup umur.

Sekarang anda sudah bisa membedakan antara Burung Jalak Putih Jantan dan Betina, semoga hal ini bermanfaat bagi rekan rekan di KM Kissawa sehingga usaha penangkaran burung ini kelak akan bermanfaat bagi kelestarian burung dan kesenangan anda sebagai pecinta burung.

0 comments:

Post a Comment