Ads 468x60px

Thursday, April 24, 2014

Jenis Jenis Burung Srigunting

Indonesia dengan iklim tropisnya merupakan lokasi yang strategis sebagai tempat hidup aneka jenis hayati, tak terkecuali adalah burung, sehingga Jenis Burung Srigunting pun sangat beragam. Kali ini saya ingin menyampaikan beberapa jenis burung Srigunting yang kita kenal maupun yang tidak anda kenal, namun telah dikenal dan dicatat oleh para pengamat burung. Mengamati Burung merupakan aktivitas atau hobi baru bagi mereka yang suka berpetualang dan bisa dijadikan sub divisi bagi pecinta alam yang ada di Indonesia.

Kembali pada pokok tujuan kita kali ini  yaitu KM Kissawa ingin menyampaikan Jenis-Jenis Burung Srigunting, semoga ini bisa menjadi ilmu yang bermanfaat. Amin... kita mulai saja dari

Srigunting Gagak
Burung ini memiliki Tubuh berukuran sedang (26 cm). Tubuh warna hitam. Paruh besar seperti Gagak. Ekor menggarpu dalam, dengan bulu terluar melengkung keluar. Dibedakan dari Srigunting hitam oleh paruhnya yang lebih besar dan lebar, ekor yang menggarpu tidak terlalu dalam.
Memiliki garis-garis melintang keputih-putihan di tubuh bagian bawah. Iris coklat merah, paruh hitam, kaki hitam. Seperti Srigunting lainnya burung ini Memiliki tingkah laku suka berburu (sifat predator).

Habitat burung ini adalah Hutan terbuka, semak tepi pantai, hutan mangrove. dengan wilayah penyebaran mulai Himalaya, Cina selatan, Asia tenggara, Sunda Besar Sumatera, Kalimantan, Jawa (barat).


Srigunting Jambul Rambut
Tubuh burung ini  berukuran agak besar (32 cm). Bulu warna hitam mengkilap. Bulu berbintik mengkilap terang. Ekor panjang terbelah tumpul, ujung bulu terluar tertekuk membentuk huruf U. Beberapa ras memiliki jambul dengan bulu seperti rambut yang panjang di mahkotanya. Ras timur memiliki mata putih. Iris merah atau putih, paruh hitam, kaki hitam.

Kadang bergabung dengan jenis lain. Kadang bergabung dalam kelompok yang ribut menyanyi. Menyambar serangga di udara dari tenggeran. Mengikuti pergerakan tupai atau monyet untuk mencari serangga. Kadang di pohon mati dengan gaya Pelatuk.
Makanan: kumbang, rayap, lebah, serangga besar.
Sarangnya berbentuk cawan dijalin pada dahan menggarpu dekat tanah. Telur berwarna kemerahjambuan berbintik merah, jumlah 3-4 butir.

Habitat burung Srigunting Jambul Rambut adalah Hutan terbuka, hutan dataran rendah, kaki gunung. Tersebar sampai ketinggian 1.500 m diatar permukaan laut. India, Cina, Asia tenggara (kecuali Semenanjung Malysia). Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi, Maluku.

Srigunting Kelabu
Burung ini memiliki Tubuh berukuran sedang (29 cm). Tubuh warna abu-abu. Ekor panjang menggarpu dalam. Ras bervariasi dalam kepucatan warna.Ras Kalimantan stigmatops mempunyai bercak keputihan di sekitar mata. Iris merah, paruh hitam abu-abu, kaki hitam.

Hidup berpasangan, hinggap pada cabang terbuka atau tanaman merambat di tempat terbuka. Menyambar serangga yang lewat. Terbang naik atau menukik untuk menangkap mangsa yang terbang.
Makanan : semut, lebah, belalang, jengkerik, kumbang.
Sarang berbentuk cawan terjalin pada cabang menggarpu sekitar 10 m dari permukaan tanah. Telur berwarna keputih-putihan berbintik coklat, jumlah 2-3 butir. Perkembang biakan atau musim kawin terjadi pada bulan Januari-Agustus.

Habitat burung ini adalah Hutan terbuka, tepi hutan, perbukitan, gunung. Tersebar pada ketinggian 600-2.500 m dpl. yang juga ditemukan di negara Afganishtan, Cina, Asia tenggara, Palawan, Sunda Besar. Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara. di Indonesia bisa ditemukan di Gedongsongo, Ambarawa: hutan pinus, hutan sekunder.
Medini, Limbangan, Kendal: hutan primer.


Srigunting Hitam
Srigunting hitam memiliki Tubuh berukuran sedang (29 cm). Tubuh warna hitam buram. Paruh relatif kecil. Ekor sangat panjang dan menggarpu dalam, sering membentuk sudut menakjubkan. di usia Remaja mereka memiliki garis-garis keputihan pada tubuh bawah, Iris merah, paruh hitam, kaki hitam.

Burung ini Sering hinggap di pohon kecil, tonggak, atau kabel. untuk mencari Makanan  seperti capung, kumbang, belalang, rayap, kupu-kupu. Sarangnya  berbentuk cawan, pada dahan bercabang horisontal dekat permukaan tanah.
Telur berwarna putih berbintik coklat, jumlah 2 butir. perkembang biakan atau musim kawin terjadi pada bulan April-Desember.

Habitat burung ini adalah Pesisir, dataran rendah dan tempat terbuka yang Tersebar sampai ketinggian 1600 m dpl. juga bisa ditemukan di negara Iran, India, Cina, Asia tenggara (kecuali Semenanjung Malaysia), selain itu juga di Jawa, Bali. di Indonesia bisa ditemukan di Jrakah, Tugu, Semarang: kawasan lahan basah. Wanawisata Penggaron, Ungaran: hutan sekunder. Gedongsongo, Ambarawa: hutan pinus. Kaliwungu, Kendal: kawasan lahan basah.

Selain ke empat jenis burung srigunting diatas, ada juga burung srigunting yang memiliki nama Srigunting Batu, entah ini spesies lain atau burung yang sama dari ke empat burung diatas entah bukan. yang jelas burung srigunting saat ini semakin banyak yang menyukai, namun akan lebih bijaksana bila keberadaan burung ini tidak di usik keberadaannya di alam liar, karena sebagai burung predator tentu saja burung ini memiliki manfaat bagi alam. Jika anda ingin memiliki burung ini, alangkah lebih bijaksana bila mau melakukan penangkaran agar keberadaannya tidak punah.

0 comments:

Post a Comment